September 28, 2017

Cara Print Label Undangan

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman ketika saya membuat undangan untuk resepsi pernikahan, biasanya setelah undangan sudah jadi saya langsung kasih ke pemesan  tanpa harus menulis daftar undangan , tapi kali ini si pemesan ingin sekalian di print daftar undangan nya, dengan sedikit bingung saya menyanggupi permintaanya walaupun saya belum tau bisa atau tidak,  karena saya belum mempelajari cara print label undangan, dan sebagai seorang  yang berkutat dalam dunia percetakan saya harus bisa, Yang jadi permasalahan undangan ingin disebar besok,jadi saya mempunyai waktu 1 hari untuk mengerjakan. dengan syarat penambahan ongkos cetak dan membeli stiker label T&J 103.

Setelah perjanjian disepakati langsung saya berangkat ke matrial untuk membeli paku karena meja saya ada yang patah, dan langsung ke toko ATK untuk membeli label undangan T&J 103, dengan harga 1 pak 7000 isi 10 lembar, dalam 1 lembar terdapat 12 label jadi dalam 1 pak terdapat 120 label karena undangan yang harus di label ada 500 pcs jadi saya membeli 5 pak, saya membayar Rp.35.000, berarti terdapat 600 label, dan  ada 100 pcs untuk uji coba, setelah sampai rumah saya langsung searching mbah google cara print label undangan tapi tutorial yang di dapat membuat saya bingung saya cari lagi di artikel lain hasilnya pun sama hanya mungkin artikel ini hanya copy paste karena caranya hampir sama,
Setelah mengikuti langkah awal dari artikel saya melanjutkan sendiri dengan coba – coba hasilnya pun sempurnaaaa.....langkah – langkahnya sebagai berikut :

1.      Buka microsoft excel tulis nama dan tempat daftar undangan kemudian save beri nama daftar undangan agar tidak bingung saat mencarinya lihat gambar.



2.      Buka microsoft word klik – MailingsStart mail mergelabelsnew label.


3.      Isikan sebagai berikut : label name : T&J  103, Top margin : 1,2, side margin : 0,2, vertical pitch : 3,8, Horizontal pitch : 6,7, label height : 3,2, label width 6,4, Number across : 3, Number down : 4, page width : 20,5, : page heigth : 16,5, Ok.


4.      Klik – use existing list – insert merge field (urutkan atas nama, tengah di, bawah alamat) - update labels – preview results – finish merge -  edit individual documents – from – 1 sampai total daftar undangan.


5.      Untuk merapihkan klik tombol home pada panel menu bar Ctrl + A Center/rata tengah  proses setting slesai



6.      Unutuk proses print klik – print – print preview – print – properties -  ukuran kertas sesuaikan dengan luas lembar label 20,5 x 16,5 slesai.



mudah - mudahan artikel ini bermamfaat bagi yang membutuhkannya.


Back to Top