September 18, 2017

Cara Cetak Undangan Dengan Printer

Postingan kali ini saya memberi tahu cara cetak undangan dengan printer, bagi sahabat blogger yang ingin belajar membuat undangan, untuk acara pernikahan, khitanan, ulang tahun dan lain lain.


saya sarankan Gunakan printer epson jenis printer ini yang sudah menggunakan sytem infus, membuat penggunaan tinta menjadi lebih irit, juga mengurangi biaya produksi. 

Bila anda mendapat orderan dibawah 500 pcs, bisa anda cetak dengan printer tapi jika lebih dari 500 pcs lebih baik bawa kepercetakan saja, Karna jika dipaksakan dicetak dengan printer hasilnya printer anda kepanasan pada bagian catridge. 
Oke langsung saja berikut bahan-bahan yang dibutuhkan


Blangko : kertas undangan yang belum berisi tulisan namun sudah ada motif dan background, bisa anda dapatkan di toko kertas/undangan didaerah anda. 

Printer : Printer epson yang multi fungsi sudah bisa print scan copy
software design grafis : corel draw


1. Ukur panjang dan lebar blanko undangan Contoh : P=36 L=21 cm

2. Buka software corel draw klik – file new – sett ukuran sesuai dengan ukuran blanko P=36xL=21 cm
3. Scan blanko undangan bagian dalam dahulu klik – acquire image – Seleck twain source – pilih scaner anda -  acquire pastikan kabel Usb sudah terkonek antara printer dengan Pc.
4. Sesuaikan hasil scan dengan luas costum, jika blanko luasnya lebih dari A4 seperti contoh gambar di bawah ambil satu sisi pinggir untuk diratakan dengan halaman



5. Sampai proses ini kita sudah bisa menulis isi undangan, isi dengan benar dan teliti pakai font dan warna yang menarik jangan lupa save file setiap 5 menit sekali,untuk mencegah error corel draw.

6. Jika halaman dalam sudah slesai lanjut ke halaman luar, lihat menu bar dibawah disamping tulisan page klik icon (+) untuk menambah ke page 2 , lakukan langkah 3,4 dan 5.



7. Jika halaman luar dan dalam sudah selesai, hapus gambar hasil scan putar file 90 derajat dari landscap menjadi potret, klik – file – print preview – setting lagi ukuran kertas di printer sama dengan luas blanko P=36xL=21 cm.






Catatan : dalam proses print lakukan secara hati - hati print bagian dalam dahulu lalu bagian luar print satu lembar dahulu untuk di ACC, lihat tulisan, perhatikan tanggal, nama dan alamat ada yang salah apa tidak, karena jika salah dan sudah dicetak banyak bisa fatal akibatnya



Demikian lah cara atau proses membuat Kartu Undangan, artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya, jadi jika berbeda dengan cara dengan yang lain mungkin yang lebih mudah lagi mohon maklum.

Sekian dari saya mudah-mudahan artikel saya ini bermamfaat untuk anda, jika kurang jelas atau tidak paham jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentar.

Back to Top