September 08, 2017

Penyebab dan Cara mengatasi baterai hp cepat panas






Penyebab baterai/hp cepat panas


1. Baterai tidak original

Baterai yang tidak standar hp, akan cepat panas karena arus infut dan outputnya beda voltase nya


2. Carger tidak original

Sama seperti baterai, carger yang tidak ori juga mempengaruhi baterai cepat panas,karena arus keluar masuk nya tidak standar,biasanya bila memakai carger tidak ori saat mengisi sangat lama untuk penuh dan bila hp dipakai akan cepat panas.


3.Matikan daya

Biasakan matikan daya saat di cas. Jangan gunakan Hp untuk online dan menelepon saat dicas, hal ini  penyebab terbesar kepanasan baterai/hp, dan bisa menyebabkan kan kerusakan hardware, karena terlalu panasnya suhu di dalam Hp sehingga komponen yang ada di Hp meleleh atau terbakar.


4. Latar belakang

Biasakan tutup aplikasi saat ingin membuka aplikasi baru. Karena aplikasi di belakang layar masih membuat sampah, yang menyebabkan kapasitas ram tepakai.


5. Install atau pasang aplikasi yang penting saja

Smartphone yang berbasis Android tentunya sudah menawarkan fitur, aplikasi game yang cukup banyak di dalamnya. Akan tetapi, saran saya download dan install aplikasi sesuai kebutuhan anda saja atau yang penting saja. Jika semua aplikasi tersebut di install semua, maka kinerja HP juga akan lelet dan menyebabkan smartphone tersebut cepat panas.


6. Pembatasan Browsing dan juga bermain game

Memang tak afdol jika smartphone yang sudah memiliki fitur konektivitas cukup lengkap tidak mengakses internet, apalagi jika banyak juga aplikasi didalamnya. Game saat ini tak hanya dimainkan pada Plays station saja, namun di HP juga bisa. Akan tetapi, perlu di ingat smartphone tersebut juga mempunyai batasan-batasan misalnya dalam melakukan browsing jangan terlalu berlebihan dan juga memainkan game. Karena ini dapat menyebabkan smartphone akan mudah panas dan juga kinerjanya tak maksimal.


7. Perawatan Smartphone dan Baterai

Alangkah bijaknya jika smartphone kita sudah berusia satu tahun untuk mengganti baterai HPkita, karena baterai sudah tak dapat berfungsi dengan baik lagi. Dan yang perlu di ingat lagi, dalam mencargernya juga jangan terlalu lama maksimal proses pengecasa hanya 2-3 jam saja. Jika pengecasan sampai 10 jam atau sampai satu hari, maka ini akan menyebakan baterai akan bocor dan pastinya cepat ngedrop.


8.Jaringan buruk

Matikan koneksi data/internet saat tak ada sinyal,karena pada saat tidak ada sinyal,sim card akan terus mencari sinyal yang membuat baterai cepat panas.


Saya kira dengan mengikuti cara cara diatas, bisa memperpanjang usia baterai/handpone Anda. Semoga bermanfaat.

Back to Top