April 09, 2019

Cara Design Undangan


Setelah sebelumnya saya membuat Artikel tentang 5 langkah membuat Kartu Undangan kali ini saya berbagi cara mendesign Undangan dengan software Coreldraw, Sebelumnya kalian harus tau dulu mengapa saya menggunakan Software Corel draw,

Coreldraw adalah : sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Suatu program yang baik tentu saja memiliki keunggulan yang signifikan.
Beberapa keunggulan program Corel Draw antara lain adalah:
Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.
Penggunaan Corel Draw, terutama pada tools-tools yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.
Corel Draw sangat baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop.
Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.

Oke seteleh kalian mengetahui tentang Sofware Coreldraw dan keunggulannya langsung saja kita ke topik awal tentang cara design undangan di Coreldraw.
Kali ini saya ingin membagikan cara design Undangan Tema Facebook

1. Membuat Halaman baru atau lembar kerja klik File New – kemudian Setting Ukuran lembar kerja, Kita bisa samakan dengan luas kertas yang ingin jadikan bahan Undangan Contoh width : 21cm Height : 30cm Resulusi 300 dpi kemudian klik oke.

2. Klik retanggel tools tarik hingga menjadi persegi isi width : 21cm Height : 15cm setengah dari lembar kerja, lalu klik – Interactive tools untuk memberi warna gradient pada kotak yang tadi di buat, beri warna biru keabu – abuan hingga nampak gradasi warna dari biru muda ke putih

3. Klik lagi retanggel tools isi width : 21cm Height : 2cm beri warna seperti biru facebook lalu letakan di head atau bagian atas beri teks FaceWeddingbook atau sesuka hati anda yang penting cocok dengan tema.

4. Untuk Ornamen peta Indonesia anda bisa mendesign atau mendownload yang sudah ada di google

5. Memberi Kotak nama undangan dan kotak lainnya tetap menggunakan retanngel tools dan pemberian teks Alamat, tanggal, hari dan yang lainnya sesuaikan sekehendak anda

6. Import poto kilk – file – import cari poto dari komputer terapkan poto pengantin sesuaikan dengan area yang tersedia.
7.  Bila sudah rapihkan tata letaknya, lalu buat lagi untuk bagian atas atau belakang karena design undangan ini lipat dua, untuk bagian belakang gunakan kreativitas anda karena ini tema facebook dominasi warna biru dan putih juga gambar yang seperti tampilan facebook, mainkan tools transparan dan shadow.
kira kira jadinya serti gambar di bawah ini :



8. Untuk bagian dalam atau isi, silahkan anda buat dengan kreatifitas anda sendiri tidak jauh berbeda dengan membuat bagian luar hanya saja bagian dalam lebih banyak teks untuk isi teks anda bisa mencontoh undangan bekas pernikahan teman tapi bagian background bisa menggunakan  background bagian depan.

saya harap anda bisa memahami setiap langkah yang saya tulis tentang bagaimana mendesign kartu Undangan, bila tidak paham bisa bertanya pada kolom komentar, sekian dari saya mohon maaf bila penjelasan saya kurang mendetil, Suatu kebahagiaan bisa berbagi ilmu apa lagi ilmu yang bermamfaat.

Back to Top