April 07, 2019

5 Langkah Cara Membuat Undangan



     Di jaman modern seperti sekarang ini dimana semua informasi sudah sangat mudah di sampaikan melalui email atau Sosial media yang banyak terdapat diperangkat komputer dan handphone.
Akan tetapi pengunaan kartu undangan belum bisa digantikan keberadaannya, Penggunaan kartu undangan untuk menginformasikan tanggal, waktu, Alamat, tempat, kita atau seseorang yang ingin melaksanakan resepsi pernikahan, khitanan dan perayaan pesta ulang tahun , agar si penerima kartu undangan bisa mengetahui dan menghadiri acara tersebut. 
karena jika kita mengundang melaui email atau aplikasi perpesanan terkesan tidak sopan dan kurang menghormati orang yang ingin kita undang.




Dan untuk itu saya ingin berbagi kepada anda yang berminat membuat Undangan sendiri atau membuat Undangan untuk orang lain, dan menjadi Bisnis sampingan buat anda. bagaimana cara atau proses pembuatan undangan caranya sebagai berikut : 



1. Membuat design 

2. Cetak Master Plat 

3. Membeli kertas 

4. Bawa ke percetakan off sett 

5. Beli plastik opp untuk pembungkus Undangan 


1. Yang pertama ialah membuat design 

Membuat design undangan dengan Software coreldraw meski banyak software untuk mendesign undangan saya memilih software coreldraw, karena tools di corel cocok untuk mengolah teks dan vector agar hasil print out lebih tajam dan presisi,

Tahapan mendesign kartu undangan : buka software coreldraw atau buka link ini Cara Design Undangan Dengan CorelDraw buat lembar kerja baru, buat 2 halaman untuk untuk undangan bagian depan dan belakang, ukuran kita sesuaikan dengan luas kertas kartu undangan yang ingin kita buat contoh A4 21cm x 29,7 cm Tulis teks yang diberikan oleh pemesan Undangan, dan juga membuat Background yang menarik agar Undangan tampak elegan, Setelah selesai simpan ke Flashdisk untuk dibuat master di percetakan, jangan lupa Convert Semua font/teks menjadi qurve agar saat di cetak master tidak mising font. 

2. Cetak Master Plat 

Setelah selesai mendesign lanjut membuat master plat, bawa file design undangan yang sudah disimpan Flashdisk ke percetakan Digital printing yang biasa Mencetak Document Atau biasanya di papan namanya Tertulis Terima cetak Dokumen/print docku.

Untuk pembuatan undangan satu warna, Master plat mengunakan bahan karton pvc sudah cukup bagus hasilnya, untuk quantity maks 4000 pcs kartu undangan, 

Sedangkan untuk Undangan full colour master plat cetak mengugunakan plat, Dicetak menggunakan CTP Computer To Plate biaya nya pun cukup lumayan, di bandingkan master plate untuk satu warna. 

3. Membeli Kertas Untuk Bahan Undangan 
Setelah mencetak master kita lanjut membeli kertas cari disekitar kota anda Toko kertas biasanya bila di daerah anda ada pusat toko percetakan pasti ada juga toko kertas, Untuk kertas bahan Undangan ada banyak jenisnya contoh kertas Jasmin, Tic, Dan Art carton.

Di toko kertas biasanya kertas masih berukuran Plano jadi kita hitung atau langsung bertanya pada pegawai toko kertas jika undangan dengan ukuran A4 21 cm x 29,7 cm jadi berapa dalam 1 plano, dan minta untuk langsung dipotong sesuai ukuran. 






Catatan : jika membuat Undangan dengan Ukuran A4, 21cm x 29,7cm beri margin/lebih setiap sisinya minimal 1cm, untuk nantinya di potong/dirapihkan lagi setelah dicetak.



4. Bawa ke percetakan off set 

Setelah membeli kertas lanjut lagi kita bawa kertas yang sudah dipotong ke Percetakan offset cari percetakan yang menggunakan Mesin toko, agar biaya cetak lebih murah, Biasanya ongkos cetak ada minimal cetaknya, untuk cetak undangan satu warna bolak balik minimal cetaknya 300 pcs 75 ribu sampai 150 ribu tergantung kota masing – masing. 

Saya sarankan jika mencetak Undangan di bawah 300 pcs. Cetak saja sendiri menggunakan printer, Karena cetak dibawah 300 pcs akan dikenakan biaya yang sama, anda bisa baca cara mencetak undangan dengan printer 



5. Membeli plastik opp untuk pembungkus Undangan 



Kenapa membeli plastik di urutan terakhir karena untuk menghindari kesalahan, Seperti kekecilan atau kebesaran. 

Setelah selesai proses mencetak undangan pasti pegawai percetakan akan memotong lagi sisi-sisi Undangan untuk merapihkan kartu undangan, setelah selesai, lalu kita lipat undangan sesuai degan settingan awal design, lipat dua atau lipat tiga, setelah dilipat lalu kita ukur lebar dan tingginya, barulah kita beli plastik opp di toko plastik mudah mudahan disekitar area percetakan ada toko plastik undangan. 

Demikian lah cara atau proses membuat Kartu Undangan, artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya, jadi jika berbeda dengan cara dengan yang lain mungkin yang lebih mudah lagi mohon maklum. 

Sekian dari saya mudah-mudahan artikel saya ini bermamfaat untuk anda, jika kurang jelas atau tidak paham jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentar.

Back to Top